tulisan berjalan

"Welcome to my blog dear friends created by daniel ferdinando"

Kamis, 09 Januari 2014

Tokoh Musik Tradisional

Tokoh-Tokoh Pencipta Musik Tradisional Indonesia

Tokoh-tokoh pencipta musik tradisional Indonesia,antara lain sebagai berikut :

a.    Ki narto sabdo

Ki narto sabdo berasal dari jawa tengah.Beliau adalah seorang dalang dengan sebutan sang dalang legendaris.Ada beberapa karya lagu yang telah diciptakan,diantaranya gambang suling,praon,lumbung desa,gendhing ibu pertiwi dan lesung jumengglung,selendang ungu versi bali dan parahyangan versi sunda.
 
Tokoh-Tokoh Pencipta  Musik Tradisional Indonesia


b.    Koko Koswara (mang koko)
Koko koswara berasal dari jawa barat adalah seorang musikus tradisional yang telah berjasa  membawa nama bangsa Indonesia ke luar negeri dengan seni musiknya dari sunda.Karya besar mang koko,yaitu membuat drama musical yang menggabungkan unsur music,tari dan drama yang disebut gending karasemen.Karya-karya mang koko dalam bidang music,yaitu karatagan pahlawan,bandung dan badminton.

c.    Daeng Sutigna
Daeng sutigna berasal dari jawa barat yang terkenal dengan musik angklungnya.Jasa beliau adalah menyusun tangga naga pentatonic pada music angklung menjadi tangga nada diatonic,atas jasa beliau,musik angklung dapat dikenal oleh masyarakat luar daerah sunda bahkan sampai mancanegara.

d.    Gede Manik
Gede manik berasal dari bali,beliau adalah tokoh dalam bidang gamelan dengan menciptakan suatu gaya yang dinamakan dengan gaya kebyar.

e.    Sambas
Sambas berasal dari jawa barat,karya-karya lagunya yang sangat terkenal,yaitu manuk dadali,pepeling,peuyeum bandung,ka huma,sapu nyere pegat simpai.

f.    Nahum Situmorang
Nahum situmorang berasal dari sumatera utara.Karya-karyanya yang terkenal,yaitu alusi au,say selamat masineger dan dago inang sarge.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar